Wednesday, July 24, 2013

Masa Birahi Ternak Sapi Pedaging

Masa birahi ternak sapi pedaging sama saja dengan masa birahi sapi perah yakni rata-rata padakisaran 21 hari. Bila kita menemukan sapi yang masa birahinya sekitar 19, 20, 22, 23, 24, atau 25 hari maka sapi tersebut termasuk normal. Secara teori  21 hari bukanlah ukuran baku birahi ternak sapi, sebab birahi ternak sapi bisa berbeda-beda karena banyak faktor. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi birahi pada ternak sapi diantaranya:
  1. Kecukupan gizi makanan terutama HMT, semakin kurang gizi seekor sapi maka masa birahinya bisa semakin lama dan tidak teratur. Begitu juga dengan kelebihan pakan (gizi) jika seekor sapi mengalami kelebihan gizi (gemuk) maka birahi pada sapi tersebut bisa tidak terlihat.
  2. Faktor keturunan, biasanya sapi-sapi jenis import seperti Simmental, limousine memiliki masa birahi yang lebih cepat bila dibandingkan dengan sapi jenis lokal (sapi Madura, sapi bali, pesisir, aceh dan lainnya)
  3. Faktor kesehatan, banyak sekali kita temukan sapi yang dipelihara peternak kita saat ini mengalami gangguan kesehatan terutama kesehatan organ reproduksi sapi betina.
  4. Geografis, memang belum ada penelitian yang secara pasti menyatakan bahwa letak geografis suatu wilayah turut mempengaruhi masa birahi seekor sapi. Namun dari kebiasaan bisa kita lihat bahwa sapi yang dipelihara di datarn tinggi cenderung masa birahinya lebih cepat bila dibandingkan dengan sapi yang dipelihara di dataran rendah.

Seekor sapi betina akan dikategorikan sebagai sapi dara setelah sapi tersebut berumur kurang lebih 1,5 tahun. pada saat itu sapi betina akan mengalami birahi pertama, sebaiknya pada birahi pertama sapi jangan dikawinkan dulu baik secara alami maupun inseminasi buatan, tapi biarkan sapi tersebut genap berumur 1,8 tahun baru sapi dara tersebut dikawinkan. Hal ini sangat penting, sebab jika seekor sapi betina dijadikan induk sapi dalam keadaan terlalu muda biasanya anak sapi (pedet) yang dihasilkan kurang baik (kurang sehat), hal ini sudah banyak kita temukan contohnya di lapangan.

Sapi betina bisa diinseminasi walaupun itu merupakan kawin pertama, adanya tanggapan masayarakan atau ketakutan masyarakat menginseminasi sapi yang baru pertama kali kawin hanyalah mitos belaka, sebab sudah sangat banyak sapi yang anak pertamanya adalah hasil dari Inseminasi buatan dan menghasilkan anak sapi yang sehat dan berkualitas.

Demikianlah bahasan singkat tentang masa birahi pada sapi pedaging / potong yang dapat kami bagikan, semoga artikel ini telah menjawab pertanyaan dan permasalahan anda dalam hal reproduksi ternak.

No comments:

Post a Comment